Breaking News

Penelitian di Kampus Jadi Kunci agar Indonesia Bisa Melesat

JAKARTA, KOMPAS.com – Pendidikan tinggi dituntut untuk bisa menghasilkan lulusan-lulusan yang inovatif serta mampu memenuhi kebutuhan dunia industri. Dengan begitu, lulusan pendidikan tinggi bisa berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Indonesia saat ini masih sulit bersaing dengan negara lain karena masih berkutat pada isu kebutuhan dasar, seperti pangan.

Menurut Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Archandra Tahar, pendidikan tinggi mesti menjadi wahana utama dalam menghasilkan berbagai inovasi. Utamanya, inovasi-inovasi yang dibutuhkan sektor industri. Dengan demikian, Indonesia tak akan tertinggal di bidang pengembangan teknologi.

“Kita masih bicara tentang masalah fundamental. Di negara lain bukan menjadi isu lagi, Kita masih berkutat di situ. Ini tantangan universitas terutama yang didukung industri. Apa yang dilakukan universitas harus berbasis industri, berdasarkan kebutuhan industri,” kata Archandra saat peringatan Dies Natalis ke-2 Universitas Pertamina di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Lalu bagaimana caranya agar Indonesia mampu mengejar ketinggalan dari negara lain?

Penelitian dan pengembangan mutlak dilakukan. Menurut Archandra, kegagalan pasti ditemui di dalam proses penelitian dan pengembangan.

Dengan proses yang semacam itu, dana yang dibutuhkan pastilah tak sedikit. Komitmen dari pemerintah dan swasta untuk membiayai penelitian dan pengembangan dibutuhkan, agar Indonesia bisa maju di dalam pengembangan teknologi.

Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2018/02/02/13002061/penelitian-di-kampus-jadi-kunci-agar-indonesia-bisa-melesat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.