Breaking News

DINAS PENDIDIKAN KOTA PALANGKA RAYA LAUNCHING APEL KURTILAS

Harapan guru kelas agar mudah dalam mengolah dan mendeskripsikan capaian hasil penilaian siswa kini bisa terwujud melalui Apel Kurtilas. Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Sahdin Hasan secara resmi melakukan Launching dan Pelatihan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 “Apel Kurtilas” Untuk  Sekolah Dasar (SD) di Kota Palangka Raya, Kamis (2/11) di Aula SMKN-2 Palangka Raya. 

“Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 (Apel kurtilas) memiliki manfaat yang sangat besar untuk membantu guru di Sekolah Dasar dalam mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada rapor siswa sehingga lebih mudah, efektif, dan efisien,” terang  Sahdin.

Sahdin Hasan saat melaunching aplikasi tersebut juga memberikan apresiasi kepada Rachmad Winarso Kasi. Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan SD yang telah berinovasi untuk memajukan pendidikan di Kota Palangka Raya melalui Apel Kurtilas.

Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 ini muncul karena adanya kendala sulitnya guru kelas dalam mengolah dan mendeskripsikan capaian hasil penilaian siswa, sehingga bisa mengakibatkan terjadinya copy paste dalam pengisian rapor siswa, serta adanya sekolah yang terlambat dalam penyerahan rapor siswanya.

Apel Kurtilas ini telah disesuaikan dengan panduan penilaian terbaru yaitu edisi revisi 2016 yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. Sehingga untuk penggunaan aplikasi ini tidak hanya untuk guru SD yang ada di Kota Palangka Raya saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh guru di daerah lain yang membutuhkannya dan aplikasi ini bisa di download secara gratis.

Di Kota Palangka Raya ada sebanyak 117 Sekolah Dasar baik negeri maupun swasta. Dari jumlah sekolah tersebut, saat ini ada 84 Sekolah Dasar yang melaksanakan kurikulum 2013 dan sisanya 33 sekolah masih menggunakan kurikulum 2006. “Kami berupaya maksimal agar semua SD yang melaksanakan Kurikulum 2013 saat ini terlatih dalam menggunakan Apel Kurtilas”, ucap Rachmad.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 70 orang, dan dihadiri dari Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kepala UPT Pendidikan, Ketua K3S, Ketua Gugus/Kepala Sekolah, Guru Kelas, Tim Kerja Apel Kurtilas dan pihak sponsor yang mendukung kegiatan ini yaitu Bank BRI, Bank Kalteng.

“Diharapkan dengan kegiatan ini bisa dimaknai secara positif dan bisa memberikan manfaat untuk kita bersama. Inilah arah untuk menuju kepada sebuah kemajuan pendidikan di Kota Palangka Raya”, jelas Sahdin Hasan di akhir sambutannya.

untuk download aplikasi silakan klik di bawah ini :

[download id=”746″]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.